Rabu, 21 November 2018

Geomembrane HDPE Untuk Petani Garam

Jual Geomembrane HDPE
Jual Geomembrane HDPE
Saat ini banyak petani garam yang memproduksi garam masih menggunakan cara tradisional sehingga garam yang dihasilkan pun memiliki kulaitas yang rendah. Kendala yang masih ditemui adalah masalah modal untukmenerapkan teknologi yang terbaru.

Salah satu teknologi untuk para petani garam adalah penggunaan material geomembrane. Geomembrane adalah material dari bahan HDPE (High Density Polyethylene) yang fungsi utamanya sebagai material pelapis untuk tambak garam para petani.

Material ini sangat tahan terhadap bahan kimia, asam tinggi dan limbah sehingga sangat sesuai untuk aplikasi pelindung air, tanah terhadap berbagai macam limbah. Geomembrane hdpe memungkinkan ditempatkan pada areal yang bergeometri berlekuk – lekuk.

Penggunaan media geomembrane lebih baik dari pada media tanah, dengan adanya pelapis dari geomembrane hdpe ini dapat mengahsilkan garam yang lebih putih dan bersih karena tidak bercampur dengan kotoran selain itu air garam lebih cepat tua.

Kehadiran material geomembran hdpe ini membuat pembatas antara tanah dengan air laut sehingga garam yang dihasilkan lebih bersih dan putih. Petani yang menggunakan tanah sebagai media pembuatan garam akan menghasilkan garam kualitas 2 dan kualitas 3.

Garam dengan kualitas 1 mempunyai harga jual lebih tinggi dibandingkan dengan garam kualitas 2 dan 3. Kualitas garam yang dihasilkan oleh petani dipengaruhi oleh media produksi yang digunakan dengan memakai geomembrane hdpe cukup signifikan terhadap kualitas garam.

Daftar Harga Geomembran hdpe yang cukup mahal yang menjadi pertimbangan para petani garam untuk memaksimalkan material ini untuk tambak mereka. Memang berbeda ketika menggunakan tanah langsung sebagai media produksi, biaya yang dikeluarkan tidak mahal.

Masalah yang terjadi adalah garam yang dihasilkan tidak masuk dalam kualitas 1, garam yang dihasilkan lebih kotor karena bercampur dengan tanah dan waktu yang dibutuhkan untuk panen cukup lama.

Meskipun lebih mahal menggunakan geomembran hdpe akan tetapi itu sangat menguntungkan karena harga jual yang lebih mahal dan waktu panen garam cukup singkat. Hal ini disebabkan karena jika menggunakan geomembran air laut cepat mengkristas.

Beberapa kelebihan jika menggunakan Geomembrane :
1. Penyerapan panas dari matahari lebih intens, sebagai akibat efek warna hitam pada bahan geomembrane.
2. Bahan baku pembuatan garam berupa air laut tidak mudah susut terserap kedalam dasar lahan tambak garam yang biasanya hanya berbentuk tanah yang dipadatkan.
3. Waktu proses kristalisasi lebih cepat, sehingga efisien dari segi waktu produksi.
4. Garam yang dihasilkan lebih putih dan bersih karena tidak terkontaminasi tanah dasar lahan tambak.

Saaat ini untuk memperoleh material ini cukuplah mudah, sudah banyak yang jual geomembrane hdpe di daearh daerah tanpa harus pergi ke kota kota besar untuk mendapatkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar